Kambing Hitam

Spread the love

It is natural. It’s natural, tonight, to feel some disappointment. But tomorrow, we must move beyond it and work together to get our country moving again.

We fought — we fought as hard as we could. And though we feel short, the failure is mine, not yours….

Kalimat diatas adalah sebagian dari pidato kekalahan John Mc Cain, sekaligus pengakuan atas keunggulan Barac Obama, pada tanggal 4 Nopember 2008 yang lalu.

Banyak tulisan di media maupun bloh yang memuji sikap Joh Mc Cain sebagai seorang negarawan yang dengan besar hati mengakui kekalahannya dan kemenangan lawan politiknya.

Bahkan pada kalimat terakhir, juga menunjukkan bahwa dia adalah seorang pemimpin yang sangat matang, dimana dalam hal menyikapi suatu kegagalan, yang pertama dia lakukan adalah mengambil tanggung jawab atas penyebab kegagalan itu, tanpa harus mencari kambing hitam penyebab kegagalan itu.

Sikap seperti ini hendaknya dapat kita tiru dan kembangkan dalam perjalanan pengembangan karir kita. Yaitu dalam menyikapi suatu masalah ataupun kegagalan, sebelum kita mencari penyebab dari pihak lain, maka yang pertama harus kita lakukan adalah bertanya pada diri sendiri, apa kontribusi kita yang menyebabkan masalah atau kegagalan itu. Atau apa yang seharusnyakita lakukan berbeda seandainya kita dihadapkan pada hal atau kondisi yang sama. Kalau ini kita lakukan, maka langkah berikutnya akan menjadi lebih mudah dan lebih kondusif untuk menganalisa penyebab dari luar diri kita.

Simplify Complexity

Leave a Reply

Your email address will not be published.